Minggu, 02 Juni 2013

  • . JENIS – JENIS PLSJenis-jenis pendidikan yang ada pada PLS, menurut D. Sudjana (1996:44)di antaranya adalah: Pendidikan Massa (Mass education) Pendidikan massa yaitu kesempatan pendidikan yang diberikan kepada masyarakat luas dengan tujuan yaitu membantu masyarakat agar mereka memiliki kecakapan dalam hal menulis, membaca dan berhitung serta berpengetahuan umum yang diperlukan dalam upaya peningkatan taraf hidup dan kehidupannya sebagai warga negara.
  • 3.  Pendidikan Orang Dewasa (Adult Education) Pendidikan orang dewasa yaitu pendidikan yang disajikan untuk membelajarkan orang dewasa. Dalam salah satu bukunya tentang PLS, Sudjana (1996:45) menerangkan bahwa pendidikan orang dewasa adalah pendidikan yang diperuntukan bagi orang- orang dewasa dalam lingkukangan masyarakatnya, agar mereka dapat mengembangkan kemampuan, memperkaya pengetahuan, meningkatkan kualifikasi teknik dan profesi yang telah dimilikinya, memperoleh cara-cara baru serta merubah sikap dan perilakunya.
  • 4.  Pendidikan Perluasan (Extension Education) Kegiatan yang diselenggarakan PLS adalah meliputi seluruh kegiatan pendidikan baik yang dilaksanakan di luar sistem pendidikan sekolah yang dilembagakan ataupun yang tidak dilembagakan. Pendidikan luar sekolah dilaksanakan melalui kegiatan belajar – mengajar dan pendidikan keluarga merupakan bagian dari jalur pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan didalam keluarga.
  • 5. SATUAN PLS Satuan PLS berfungsi untuk mengembangkan kemampuan danmeningkatkan mutu dan memartabatkan manusia Indonesia dalamrangka mewujudkan pendidikan nasional. Secara Khusus PLS dalam praktiknya mempunyai fungsi yangsangat luas yaitu sebagai pendidikan alternatif, pendidikan tambahan,pendidikan keluarga, pendidikan sepanjang hayat, pendidikan kaderdan sebagainya.
  • 6. SALAH SATU BENTUK S A T UA N P L S PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah salah satu komponen pendidikan yangberfungsi mengembangkan pendidikan luar sekolah. KELOMPOK BELAJARBekerja atau belajar bersama adalah suatu proses kelompok yang disokong oleh anggota-anggota kelompok, di mana ada ketergantungan satu dengan yang lain untuk mencapaisuatu tujuan yang disepakati. Ruang kelas adalah tempat yang baik sekali untukmembangun kemahiran kelompok yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.
  • 7.  PELATIHANMenurut Gomes (1997 : 197), “Pelatihan adalah setiap usahauntuk memperbaiki prestasi kerja pada suatu pekerjaan tertentuyang sedang menjadi tanggung jawabnya. Idealnya, pelatihan harusdirancang untuk mewujudkan tujuan – tujuan organisasi, yangpada waktu bersamaan juga mewujudkan tujuan – tujuan parapekerja secara perorangan.
  • 8.  MAJELIS TAQLIMTujuan majelis taklim adalah membina dan mengembangkanhubungan yang santun dan sesuai atau serasi antara manusiadengan Allah, antara manusia dengan manusia lainnya, antaramanusia dengan tempat tinggal sekitarnya atau lingkungan, dalamrangka meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.
  • 9.  LIFE SKILLKonsep broad-based curriculum yang diartikan sebagai kurikulum berbasiskompetensi secara luas. Tujuannya, peserta didik dapat memiliki keahlian yangdiperlukan oleh masyarakat.Pengertian life skills sebenarnya lebih luas dari sekadar untuk menghidupi dirisendiri. Namun, persoalannya, bukan sekadar keterampilan, tetapi bagaimanacaranya memberi pendidikan yang betul-betul mampu membuat anak mandiridan dapat mengurus dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI

PERBEDAAN Aku bagaikan langit yang tenang tanpa riak yang menggetarkan Sedangkan kau bagaikan laut yang selalu bergemuruh dengan selur...